Our Trusted. 24 x 7 hours free delivery!

Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Bisa Anda Coba

Memang karang gigi dapat membuat gigimu menjadi kurang sedap dipandang. Tentunya hal ini bisa membuat kepercayaaan diri anda menurun, terutama saat akan berhadapan dengan orang lain. Selain itu, karang gigi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Seperti bau mulut dan gigi berlobang. 

Karang gigi atau yang lebih populer disebut kalkulus gigi ini merupakan sebuah plak yang mengeras pada gigi. Selain itu, biasanya karang ini terbentuk dari bawah gusi serta menyebabkan iritasi. Karang gigi juga bisa memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket. 

Adapun penyebab dari karang gigi ini, pada umumnya disebabkan dari sisa-sisa makanan yang menempel lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaaan sisa makanan yang menumpuk tersebut akan mengeras dan menyebabkan karang gigi. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 

  • Rajin Membersihkan Lidah

Cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah dengan rajin membersihkan lidah. Perlu diketahui bahwa sebanyak 50% bakteri di mulut bersarang pada permukaan lidah. Oleh karena itu, anda harus rajin membersihkan lidah setiap harinya. Selain itu, campuran air liur serta bakteri bisa membentuk plak di atas permukaan lidah. Namun, plak ini tidak dapat dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur menggunakan obat kumur. Nah, cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyikat lidah. Untuk dapat melakukan cara ini, anda bisa mendapatkan alat khusus penggosok lidah di apotek atau supermarket terdekat. Caranya adalah, anda cukup gosok lidah mulai dari pangkal paling dalam dan tarik secara perlahan ke depan dalam satu gerakan dan jangan digosok bolak-balik. Ulangi cara ini beberapa kali hingga lidah anda benar-benar bersih dan terasa kesat. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian samping lidah. Lalu berkumurlah dengan air bersih. Mudahkan?    

  • Rajin Menggosok Gigi

Close up adalah salah satu pasta gigi dari unilever terbaik untuk menjadikan gigi putih dan bebas karang gigi. Oleh karena itu, pentingnya menyikat gigi setiap hari apalagi ketika menjelang sebelum tidur.

  • Berhenti Merokok

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Perlu diketahui bahwa merokok ini juga selain menyebabkan gangguan jantung dan paru-paru, namun juga menyebabkan masalah pada gigi dan mulut, salah satunya adalah karang gigi. Hal ini disebabkan kandungan bahan kimia pada rokok ini bisa memicu pembentukkan karang gigi yang semakin menumpuk. Bahkan, orang yang merokok akan memiliki karang gigi yang cenderung berwarna hitam dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. 

  • Menggunakan Kulit Jeruk

Cara lainnnya untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Cara tradisional untuk menghilangkan karang gigi ini banyak dilakukan orang. Seperti yang diketahui bahwa jeruk merupakan jenis buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Caranya adalah, bersihkan kulit jeruk terlebih dahulu lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok hingga rata. Jangan dulu berkumur dan biarkan semalaman hingga pagi hari baru berkumur. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur. 

  • Daun Sirih

Untuk menghilangkan karang gigi secara alami anda bisa menggunakan daun sirih. Caranya juga cukup mudah, anda cukup ambil selembar daun sirih dan tambahkan 1 batang cengkeh. Lalu haluskan sampai setengah halus kemudian kunyah. Mudahkan?

  • Mengkonsumsi Vitamin C

Cara menghilangkan karang gigi yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan mulut, termasuk untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah, anda cukup hancurkan buah bervitamin C sampai halus seperti stroberi, lemon atau jeruk. Lalu celupkan pasta gigi dan sikat selama 2 menit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>