4 Ciri-ciri Penyakit Lupus

Lupus merupakan salah satu penyakit langka dan sedikit yang tahu tentang penyakit ini. Penyakit ini di sebabkan oleh kekebalan tubuh ini biasa menyerang seluruh bagian tubuh. Selain itu penyakit lupus sering sekali menyerang wanita ketimbang pria. Menurut S.L.E Lupus Foundation, 90 persen orang yang  di diagnosis dengan kondisi lupus seumur hidup adalah wanita serusia antara 15 sampai 34 tahun. Nah terutama untuk para wanita jika kalian ingin mengetahui ciri-ciri penyakit lupus, berikut diantaranya

  1. Ruam wajah

Nah biasanya yang di diagnosis penyakit lupus akan terdapat ruam di wajahnya, yang mirip kupu-kupu. Ruam akan muncul seperti kupu-kupu, memanjang dari tulang hidung, kedua pipi hingga tulang rahang. Jenis ruam ini dikenal sebagai butterfly rash. Hal ini terjadi karena kulit mengalami sensitivitas terhadap cahaya seperti sinar matahari.

  • Nyeri dada

Penyakit lupus sering juga menyebabkan peradangan pada jantung. Hal tersebut menyebabkan penderita akan mengalami sesak napas, nyeri dada yang tajam, aliran darah terganggu, dan peningkatan resiko penyakit jantung lebih besar. Selain itu lupus juga bisa mempengaruhi bagian dalam dan luar paru-paru juga.

  • Demam

Demam ringan yang berulang tanpa sebab yang jelas termasuk salah satu ciri-ciri penyakit lupus tahap awal. Demam ringan seperti ini dapat menjadi tanda infeksi atau peradangan. Untuk peradangan pada penyakit lupus biasanya dapat menyebabkan kekakuan, pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian tangan dan kaki. Sama seperti demam ringan yang dialami, masalah pada persendian ini pula akan terus datang dan pergi secara berulang tanpa bisa di tebak.

  • Rasa lelah yang berlebihan

Salah satu ciri penyakit lupus adalah rasa lelah yang sangat berlebihan. Rasa ini tentuny menjadi gejala yang paling umum dari seseorang yang menderita penyakit lupus. Rasa lelah ini juga dapat mempengaruhi aktivitas seseorang, sebagian besar penderita penyakit lupus menyatakn bahwa gejala ini menjadi dampak gejala yang paling ekstrim di bandingakan dengan gejala yang lainnya.